Apa Itu Kopi Hijau

Mungkin belum banyak yang tahu bahwasannya kopi hijau adalah biji kopi yang belum sampai mengalami proses pemanggangan. Hal semacam ini awalnya dipraktikkan di kawasan Laut Merah dimana ketika itu masyarakat disana mengkonsumsi kopi dengan biji yang belum sampai dipanggang.

Karena memang ketika itu belum ditemukan cara memanggang kopi. Tetapi ternyata, biji kopi yang tidak dipanggang seperti ini berkhasiat dalam menurunkan berat badan. Di dalam biji kopi hijau tersimpan antioksidan yang masih alami dengan kadar yang tinggi, yang menyimpan zat asam klorogenik atau CGA yang masih memiliki kemurnian sampai dengan 100%.

Dengan kandungan zat yang seperti itu, tentunya akan memberikan efek pada tubuh yaitu untuk menormalkan kadar gula dan menjaga kesehatan kulit kita sehingga kinerja tubuh kita akan semakin bagus dan tentunya sehat. Namun, memang rasa yang alami dari kopi ini ketika diseduh memiliki tingkat kepahitan yang lebih dari pada kopi biasanya.

Mengapa kopi tanpa dipanggang ini dinamakan kopi hijau? Ya, itu istilah yang lebih mudah digunakan oleh orang untuk membedakan antara kopi yang (biasanya) dipanggang dengan kopi yang tidak dipanggang. Lalu, apakah warna kopi ini selalu hijau? Tidak juga. Terkadang ada produk kopi hijau yang mengalami proses pemanggangan dalam waktu yang singkat.

Ini dilakukan untuk memudahkan proses penggilingan karena terkadang ada mesin penggiling kopi yang belum mampu menggiling kopi dalam keadaan yang sama sekali basah sehingga kopi perlu dipanggang meski dalam waktu yang singkat (5-10 menit). Akibatnya, warna kopi menjadi agak coklat sedikit. Tetapi itu tidak menjadi masalah. Yang terpenting dari kopi ini adalah kandungan asam clorogenatnya yang masih tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *