Efek Samping Minum Kopi Bagi Jantung

Efek Samping Minum Kopi Bagi Jantung – Untuk para penikmat kopi, tak ada nikmat yang paling indah selain dapat menyeruput pahitnya kopi pada pagi hari. Bahkan rutinitas ini dapat jadi penyemangat untuk memulai aktivitas.

Tidak hanya itu saja, meskipun pahit, kopi pun tetap digemari karena dipercaya mampu memulihkan suasana hati yang risau bagi para pencintanya. Aroma kopi yang khas pun dapat membangkitkan semangat.

Karenanya, pencinta kopi dapat mengonsumsi lebih dari segelas kopi setiap harinya. Parahnya mereka bisa mengonsumsi lebih dari tiga ataupun lima gelas per hari.
Meskipun banyak manfaatnya, namun Anda tetap harus sadar akan segala sesuatu yang berlebihan tentunya memiliki efek yang buruk untuk tubuh. Banyak orang yang berpendapat bahwa terdapat Efek Kopi Bagi Jantung jika terlalu banyak dikonsumsi.

Menurut dokter, Hariadi Hadibrata mengatakan bahwa kopi tak menyebabkan penyakit jantung. Kafein yang di kandung kopilah yang dapat memengaruhi jantung. Akan tetapi hal ini bukan penyebab utama penyakitnya, melainkan memperparah kondisi orang yang telah memiliki riwayat penyakit jantung.

Di dalam kopi terkandung kafein yang membuat denyut jantung lebih cepat. Jika peminum kopi memiliki riwayat penyakit jantung koroner, mak hal ini bisa berbahaya.

Dalam kondisi yang normal, denyut jantung seseorang dapat mencapai 80 denyut/menit, namun jika minum kopi dapat sampai 100 denyut/menit. Untuk seseorang yang mempunyai riwayat penyakit jantung ataupun penyempitan pembuluh darah, suplai pada darah ke seluruh tubuh akan berkurang. Akan tetapi , konsumsi kopi yang terlalu berlebihan dapat menyebabkan jantung bekerja lebih keras dan cepat. Hal inilah yang bisa menyebabkan kondisi yang berbahaya.

Itulah sebabnya mengapa banyak orang yang menderita penyakit penyempitan pembuluh darah atau jantung koroner tak dianjurkan untuk mengonsumsi kopi secara berlebihan.

Sangat dianjurkan untuk para penikmat kopi yang juga mempunyai riwayat penyakit jantung haruslah mengurangi konsumsi kopi setiap harinya. Jika minum hanya secangkir tidak terlalu berefek. Namun jika mengonsumsi kopi hingga tiga cangkir dapat berdampak buruk bagi kesehatan jantung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *