Fungsi Kafein Bagi Tubuh

Fungsi Kafein – Kafein merupakan kandungan utama yang dimiliki kopi. Manfaat dan juga resiko dari kafein, kerap kali menjadi bahan berdebat terutama dalam dunia medis. Jadi, apakah ada sebenarnya fungsi mengkonsumsi kafein? Dan bagaimanakah kita dapat menghindari resiko berbahaya dari kafein?

Pertama-tama, apa kafein itu sebenarnya? Kafein merupakan senyawa alami yang terdapat dalam daun kacang-kacangan, buah dan tanaman tertentu lainnya. Sebenarnya kafein diklasifikasikan sebagai salah satu obat stimulan psikoaktif. Jadi kafein bisa mempengaruhi sistem saraf pusat dan mengubah persepsi.

Bahkan, kafein juga merupakan obat psikoaktif yang ada di dunia yang legal dan juga tidak diatur. Efek dari mengkonsumsi kafein ialah perubahan suasana hati, perubahan persepsi, kognisi, kesadaran, dan perilaku. Kafein juga bisa menghilangkan rasa kantuk dan merangsang kekebalan tubuh.

Dalam secangkir kopi akan ada 115-175mg kafein. Tidak hanya di dalam kopi, kafein juga bisa ditemukan di daun teh alami. Terdapat sekitar 50mg kafein dalam teh hitam dan 30mg kafein dalam teh hijau. Kafein tidak hanya secara alami terdapat dalam beberapa minuman, namun kafein juga juga bisa secara artifisial ditambahkan ke beberapa minuman.

Terdapat 34mg kafein di dalam minuman Coca-Cola, 54mg di minuman Mountain Dew dan juga 80 mg kafein dalam minuman Red Bull. Namun, kafein yang berjumlah 30-40 mg yang bisa memberikan efek, yang berlangsung sekitar 3 sampai 4 jam.

Tidak semua orang tahu manfaat dan Fungsi Kafein, namun beberapa penelitian tentang kopi telah menemukan jika kopi memiliki potensi untuk menimbulkan penyakit diabetes tipe 2, Parkinson dan juga demensia. Menurut beberapa penelitian, peminum kopi bisa mempunyai lebih sedikit kasus penyakit kanker tertentu, contohnya saja kanker payudara dan stroke.

Kafein juga bisa meningkatkan kesadaran mental dan meningkatkan jumlah adrenalin yang ada dalam tubuh, yang berdampak pada irama detak jantung yang berdetak lebih cepat, Kafein hanya memberikan tubuh kita dorongan umum, dan bisa meningkatkan fungsi dari kekebalan tubuh saat tubuh kelelahan.

Walaupun tidak ada resiko utama dari mengkonsumsi, penggunaan kafein dengan konsisten masih saja diperdebatkan. Satu-satunya resiko yang dapat ditemukan terkait dengan pemakaian kafein ialah masalah kesehatan. Jumlah kafein yang disarankan sebenarnya tidak boleh lebih dari 400 mg dalam sehari, tetapi kadang masih ada saja banyak orang yang mengkonsumsi lebih dari batas tersebut.

Cara terbaik mengkonsumi kafein dengan aman ialah membatasi asupan kafein yang memang diperlukan oleh tubuh yaitu 40 mg perhari, agar Fungsi Kafein bisa bekerja dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *