Pembuatan Kopi Menggunakan Teknik Aeropress

Diciptakan oleh seorang Engineer bernama Alan Adler yang juga pendiri Aerobie. AeroPress telah dan pantas menjadi inspirasi yang hebat di dalam berbagai metode penyeduhan. AeroPress yang ringan dan mudah dibawa kemana-mana, mampu menghasilkan seduhan kopi yang manis dan full-bodied dimanapun kamu berada seperti di rumah, saat camping maupun perjalanan jauh. Metode penyeduhan ini sangat baik ketika kamu sedang berada diluar rumah atau jika kamu tidak memiliki Scale (timbangan).

TOTAL WAKTU PENYEDUHAN: 1 MENIT 30 DETIK

Apa Yang Kamu Butuhkan:

  • Alat seduh AeroPress
  • Filter AeroPress
  • Grinder
  • 17g kopi atau sekitar 2 ½ Sendok Makan (ukuran 1 AeroPress Scoop)
  • Air panas mendidih secukupnya (sekitar 96°C)
  • AeroPress paddle atau pengaduk
  • Timer
  • Gelas Mug

SAATNYA MULAI MENYEDUH!

1. Timbang dan Giling

Timbang dan giling 17g kopi (satu sendok bulat AeroPress atau sekitar 2 ½ Sendok Makan). Giling kopi di tingkat Medium-Fine atau tingkat kehalusannya seperti garam.

2. Siapkan AeroPress

Siapkan AeroPress untuk mulai menyeduh dengan menempatkan filter di dalam basket. Selanjutnya, panaskan alat seduh dan bilas filter dengan air panas. Hal ini akan menghilangkan rasa kertas dan menghangatkan semuanya. Panaskan juga gelas mug kamu dengan air panas saat itu juga.

3. Tambahkan Kopi

Buang air bilasan dari gelas mug kamu. Pasang basket di bagian bawah brew chamber dan letakkan diatas gelas mug. Jika kamu memerlukannya, gunakan funnel (atau coffee loader) bawaan AeroPress saat menambahkan 17g kopi. Kemudian, angkat funnel-nya.

4. Tambahkan Air

Mulai timer ketika kamu menuangkan air panas (cukup mendidih atau sekitar 96°C) ke dalam alat seduh-mu. Basahi semua bubuk dalam waktu 10 detik. Tuang sampai di Nomor 4 atau sekitar 220g air jika kamu menggunakan scale. Putar brew chamber-nya, pastikan semua kopi telah tercampur rata dengan air.

5. Tempatkan Plunger dan Tunggu

Setelah kamu sampai di Nomor 4, aduk “lumpur” (campuran kopi dan air) dan tempatkan plunger diatas brew chamber dan tarik sedikit untuk membuat ruang tekanan. Jangan dorong sekarang!

6. Aduk dan Dorong

Pada waktu 01:15, angkat segel tekanan dan aduk campuran kopi dan air menggunakan sendok atau paddle. Tempatkan plunger kembali dan tekan ke bawah secara perlahan dengan tekanan yang stabil, segera berhenti setelah kamu mendengar suara mendesis. Seluruh proses penyeduhan ini harus diselesaikan dibawah dua menit dan menghasilkan tujuh sampai delapan ons kopi (sekitar 207-236 mL).

7. Bersihkan dan Nikmati

AeroPress sangat mudah untuk dibersihkan. Cukup dengan melepas basket dan dorong bubuk kopi dan filter. Bersihkan karet plunger dengan air panas dan kamu sudah siap untuk seduhan-mu yang berikutnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *