Rahasia Dibalik Kopi Hijau

Nama kopi ijo barangkali masih terdengar asing bagi masyarakat secara umum. Namun bagi masyarakat Tulungagung, nama kopi ijo ini telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari tradisi minum kopi mereka. Dalam segi budaya lokal, nama kopi ijo ini merujuk pada kata kunci untuk menjelaskan tradisi minum kopi bagi warga di Tulungagung.

Coba saja tanya ke sembarang orang tentang jenis kopi unik di kota ini, maka jawabnya nyaris sama yaitu Kopi Ijo. Minuman yang telah menjadi ciri khas Tulungagung ini banyak dijajakkan oleh warung kopi yang di Tulungagung. Tak hanya warung pinggir jalan, namun juga kafe-kafe besar juga tak ketinggalan untuk menjajakkan kopi ijo ini.

Kopi ijo ini memang dikenal dengan rasa yang nikmat dan unik dengan warna yang hitam kehijauan. Namun ternyata selain rasanya yang nikmat tersebut, ternyata terdapat Rahasia Kopi Ijo dalam segi kesehatan.

Ada banyak yang mengklaim jika kopi ijo sangat baik dalam membantu menurunkan berat badan. Dalam kopi ijo, juga terdapat kandungan asam klorogenat yang berperan sebagai antioksidan, yang umumnya tak terdapat pada kopi yang dipanggang. Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa asam klorogenat tersebut memiliki efek yang baik untuk kesehatan tubuh.

Memang tak banyak penelitian mengenai manfaat kesehatan kopi ijo ini. Namun terdapat bukti bahwa kopi ijo banyak mempunyai manfaat bagi kesehatan. Salah satu manfaat rahasia kopi ijo bagi kesehatan yaitu menurunkan berat badan. Ekstrak kopi ijo ini lebih efektif untuk membantu penurunan berat badan dibanding dengan plasebo.

Ekstrak kopi ijo ini juga dapat melindungi tubuh dari naiknya berat badan karena dapat memerangi lemak. Serta juga baik untuk metabolisme pada hati serta lemak. Walaupun memang tak selalu hasilnya akan sama bagi setiap orang.

Tapi ingat, kopi ijo ini bukanlah kopi ijo khas masyarakat Tulungagung. Kopi Ijo yang bermanfaat untuk menurunkan berat badan adalah kopi ijo yang tidak melalui proses sangrai atau pemanggangan. Yang sering pula disebut dengan nama green coffee / kopi hijau.

Selain menurunkan berat badan, kopi ijo ternyata juga dapat menurunkan tekanan darah. Tak hanya itu, kopi ijo ini juga dipercaya dapat membantu menyembuhkan penyakit Alzheimer. Ekstrak kopi ijo ini membantu melawan resistensi insulin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *